Makan Sedikit, tapi Berat Badan Tetap Naik? Ini Penyebabnya!

0
Penyebab berat naik
Foto: Net

Berat badan berlebih menjadi momok yang menyeramkan bagi kaum perempuan. Betapa tidak, berat badan berlebih bikin penampilan tidak oke. Yang menyedihkan lagi, berat badan berlebih juga tak baik untuk kesehatan.

So, diet jadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Segala macam diet rela dilakukan demi mencapai berat badan ideal. Mulai dari tidak makan makanan yang mengandung karbohidrat dan kalori tinggi, mengurangi porsi makan, hingga rela menahan lapar dengan tidak makan.

Namun anehnya, kebanyakan mereka yang mengalami berat badan berlebih, justru mengaku memiliki porsi makan yang sedikit. Mengapa demikian?

| Baca juga: Mengenal Diet Sirtfood yang Ampuh Turunkan Berat Adele Hingga 22 Kg

Ternyata, saat kita memutuskan untuk mengubah pola makan, baik dari segi porsi maupun berapa kali makan dalam sehari, tubuh akan mengirim signal secara otomatis ke otak. Signal itu kemudian memicu meningkatnya hormon kortisol.

Nah, meningkatnya hormon kortisol (atau disebut juga hormon stres, karena akan diproduksi lebih banyak saat tubuh mengalami stres) inilah yang justru bikin gemuk. Sebab, hormon ini juga berperan dalam penggunaan glukosa dan lemak dalam metabolisme tubuh untuk menyediakan energi.

“Ada orang nggak makan apa-apa kok berat badan naik? Itu sebenarnya masalah salah treatment, semakin dia takut. ‘Aduh gemuk nih’. Maka semakin jadi (gemuk),” kata Mariska Burhan, SE., AdvDip., Diet & Health Nutrition Consultant.

| Baca juga: Dapatkan Tubuh Idaman dengan Detoks ala 6 Seleb Mancanegara

Menurut penelitian, tubuh yang kekurangan asupan makanan akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol.

“Pada dasarnya tubuh nggak suka perubahan. Kalau asupan makan berkurang, tubuh akan memproduksi energi berupa gula. Setelah itu gula tidak dibuang, tidak dibakar, jadi apa? Lemak. Itu dia penyebabnya,” lanjut ibu tiga anak itu.

Oleh karena itu, diet yang dilakukan dengan mengurangi porsi makan tidak menjamin seseorang berhasil menurunkan berat badannya.

“Jadi, jangan pernah skip makanan. Justru sebaiknya makan sehari tiga kali, makan full komplet tapi dengan porsi kecil, untuk mendapatkan berat badan ideal,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here