4 Minuman Segar Ini Jadi Jurus Jitu Lawan Jerawat

0
118
minuman-segar-penghilang-jerawat
Foto: Pinterest

Jerawat jadi permasalahan yang sering dialami tiap orang. Mood seketika rusak, jika benjolan tersebut muncul. Apalagi jika jerawat mulai meradang dan tak kunjung kempes. Melihat permasalahan itu, tak ada salahnya untuk mengonsumsi empat minuman penghilang jerawat di bawah ini!

Teh Hijau

teh-hijau
Foto: Net

Green tea atau teh hijau dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Fungsinya antara lain sebagai antioksidan, dan antiinflamasi yang mengontrol oksidasi sebelum jerawat muncul.

Selain itu, kandungan ekstrak etanoliknya mampu menghambat pertumbuhan bakteri staphylococcus aureus, yang jadi salah satu penyebab jerawat.

Sebuah penelitian di tahun 2016 dari National YangMing University Taiwan menyebutkan, bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen ekstrak teh hijau yang tidak mengandung kafein, diketahui memiliki lebih sedikit jerawat di daerah T-Zone.

Baca juga: Solusi 4 Jenis Kantung Mata yang Mengganggu Penampilan

Namun, bukan berarti teh hijau mampu sepenuhnya menghilangkan jerawat. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa teh hijau hanya membantu mengurangi peradangan jerawat.

Kunyit

kunyit
Foto: Net

Kunyit biasa diolah menjadi minuman yang menyegarkan. Kandungan curcumin pada kunyit, memilki manfaat sebagai antiinflamasi dan antifungal yang mampu mengatasi peradangan jerawat. Antiseptiknya juga mampu mengatasi masalah bakteri penyebab jerawat.

Kunyit akan membantu darah menjadi lebih bersih. Selain itu, kemampuan khususnya juga membuat jerawat tidak terinfeksi, dan mematikan bakteri pada jerawat.

Air Putih

air-putih
Foto: Net

Hanya dengan meminum air putih, terutama air hangat dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi masalah jerawat. Tidak percaya?

Air putih dapat membantu menyaring racun, dan menetralisir radikal bebas. Selain itu, meminum air putih secara cukup, dapat memproduksi keringat yang keluar melalui pori-pori.

Dengan begitu, kotoran pun ikut keluar lewat pori-pori. Secara otomatis, hal tersebut membuat kulit wajah menjadi lebih bersih.

Baca juga: 3 Bahaya Teh Hijau yang Kurang Baik Untuk Kesehatan

Cobalah untuk rutin minum air putih dua gelas setelah bangun tidur pagi. Waktu tersebut cukup tepat, karena saat kamu tidur selama 7-8 jam, tubuh sama sekali tidak mendapatkan cairan baru.

Usahakan minum satu gelas air putih setiap tiga jam. Jangan meminum banyak air dalam sekali waktu, karena akan memaksa ginjal untuk bekerja lebih berat.

Teh spearmint

teh-spearmint
Foto: Net

Ternyata, kandungan teh spearmint juga bisa menjadi pereda jerawat. Sesuai dengan namanya, teh spearmint merupakan salah satu keluarga teh mint. Sifatnya yang antiandrogenik, secara alami mampu membantu melawan radang jerawat.

Konsumsi satu sampai dua cangkir teh spearmint setiap harinya, untuk takaran ideal. Jangan gunakan gula, jika ingin meminum spearmint untuk mengatasi masalah jerawat. (*)