Terungkap Alasan Robby Tumewu Ogah Dirawat di Rumah Sakit

0
48
penyakit-robby-tumewu meninggal
Foto: Dok. Instagram Nia Dinata

Rumah Duka Oasis Tangerang, tak henti-hentinya didatangi oleh keluarga dan kerabat mendiang Robby Tumewu. Sekitar pukul 15.30 WIB, Senin (14/1) kemarin, rekan-rekan artis dan desainer seperti Okky Asokawati, Itang Yunasz, Carmanita, Jajang C. Noer, dan Sisca Soewitomo datang ke sana.

Air mata duka pun tak kuasa dibendung. Seperti Itang, yang terlihat sesekali mengusap air matanya. Carmanita (62), salah satu rekan desainer, mengungkap bahwa Robby sudah semakin parah selama 1 tahun terakhir.

“Tiap saya dan teman-teman jenguk, kondisi fisiknya setahun belakangan makin parah dan nggak ada respon lagi,” ungkap Carmanita.

Ngobrol sedikit sekali, tapi cuma ya dia nggak terlalu antusias. Ngobrol antusias ya sekitar 2-3 tahun lalu kali ya, setelah itu responnya sangat kurang,” imbuhnya.

Baca juga: Bukan Stroke, Inilah Penyebab Kematian Robby Tumewu

Ia pun sangat menyayangkan, karena belum sempat bersua dengan sang sahabat, saat momen Natal lalu. Tiba-tiba, ia mendapatkan kabar yang mengejutkan bahwa Robby sudah kritis.

“Saya dapat kabar sebelum jam 12 kalau napas Robby terus turun. Mbak Sri, asisten Robby yang sudah 8 tahun merawat dia itu biasanya kalau malam selalu pasang (selang) sonde, untuk ngeluarin slem di paru-paru,” imbuhnya.

Baca juga: Keluarga Pilih Jenazah Robby Tumewu Tidak Dikuburkan

Dikatakan Carmanita, setelah dilakukan prosedur tersebut, Robby baru bisa tidur pulas. Wanita tersebut juga mengungkap fakta, kalau Robby sudah enggan terapi.

“Tapi malam itu, napasnya terus turun. Ya dia meninggal dalam keadaan tertidur, di rumahnya. Dia sudah nggak mau dibawa ke rumah sakit lagi. Sudah capek terapi karena nggak ada kemajuan,” terangnya. (*)