Cara Hilangkan Kulit Wajah Bertekstur, Dijamin Langsung Halus!

Cara hilangkan kulit bertekstur. Foto: Dok. Freepik
Cara hilangkan kulit bertekstur. Foto: Dok. Freepik

Setiap orang tentunya memiliki kulit wajah yang bertekstur. Itu adalah hal yang wajar karena kulit kita memiliki pori-pori.

Tetapi terkadang, sebagian orang merasa kurang percaya diri akibat kulit wajah bertekstur hingga akhirnya mengurangi kepercayaan diri. Hal ini kemudian membuat mereka mencari cara untuk menyamarkan atau mengurangi tekstur kulit.

Biasanya, tekstur kulit wajah akan terlihat semakin parah jika kalian memiliki beruntusan atau bercak noda, kulit kering hingga bersisik, kulit berlubang karena luka, atau pori-pori yang besar.

Perlu diketahui bahwa penyebab kulit bertekstur bisa disebabkan oleh banyak hal. Beberapa di antaranya adalah kulit yang kering, eskim, kerusakan akibat sinar matahari, jerawat, dan penuaan. Tetapi untuk kondisi kulit bertekstur dengan pori-pori besar atau produksi minyak berlebih bisa disebabkan oleh faktor genetik.

| Baca Juga : 5 Cara Mudah Manfaatkan Mentimun Untuk Kulit Sejuk dan Cerah

Untuk mengatasi tekstur kulit, kalian bisa melakukan beberapa perawatan mandiri di rumah atau juga bisa mengunjungi dokter kecantikan untuk perawatan yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa perawatan mandiri yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit bertekstur.

Rajin Membersihkan Kulit

Kulit yang jarang dibersihkan akan membuat kotoran dan debu menumpuk. Ini nantinya akan membuat kulit wajah jadi terlihat lebih kusam. Jika kalian beraktivitas di luar ruangan atau menggunakan makeup, pastikan kalian membersihkan wajah setelahnya menggunakan cleanser yang biasa kalian pakai sehari-hari.

| Baca Juga : Ingin Kulit Bersih dan Glowing, 3 Pembersih Wajah Ini Wajib Punya

Eksfoliasi

Eksfoliasi menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan. Produk yang mengandung kandungan eksfoliasi bisa membantu kalian untuk menghilangkan sel-sel mati di permukaan kulit.

Hasilnya, kulit jadi terlihat lebih lembut dan halus. Tak hanya mengangkat sel kulit mati, eksfoliasi juga bisa membuat pori-pori jadi lebih kecil dan menghilangkan noda wajah.

Namun, pastikan kalian menggunakan produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit dan jangan terlalu kasar saat mengaplikasikannya pada wajah.

Gunakan Vitamin C

Dikenal mampu membantu mencerahkan kulit, vitamin C juga bisa membantu untuk memperbaiki dan melindungi kulit dari kerusakan. Kandungan vitamin ini juga bisa membantu meningkatkan hidrasi, mengurangi bekas luka, dan menyamarkan bintik hitam.

| Baca Juga : Es Batu, Benda Remeh Tapi Punya Banyak Manfaat Untuk Kulit

Gunakan Sunscreen/SPF

Selain berpotensi menyebabkan kanker kulit, sinar matahari ternyata juga bisa membuat kulit jadi memiliki tekstur tidak merata. Oleh karena itu, pastikan kalian selalu menggunakan sunscreen atau produk dengan kandungan SPF setiap harinya.

Pastikan Kulit Lembap

Kulit yang lembap menjadi salah satu cara untuk memiliki kulit sehat. Pun juga dapat mengurangi tekstur kulit. Jika kulit kalian bertekstur, kalian bisa menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit dan pastikan produknya benar-benar bisa menghidrasi kulit. Pelembab bisa membantu kalian untuk mengatasi kulit kering demi menghasilkan kulit yang terlihat kenyal dan halus.

Selain dengan beberapa perawatan rumahan di atas, kalian juga bisa melakukan perawatan dengan laser atau microneedling (perawatan menusuk kulit dengan jarum kecil untuk merangsang produksi kolagen) dengan mengunjungi dokter kecantikan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here